Mindset

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis Anda?

Beberapa waktu yang lalu Tim BrandMark sempat berdiskusi dengan para pelaku usaha di kota Medan. Ada beberpa hal yang kami temukan tentang cara pandang mengenai digital Marketing. Masih banyak dari mereka yang menganggap bahwa Digital Marketing hanya dibutuhkan untuk produk-produk yang dijual secara online. Ada pula yang berpendapat jika UMKM ataupun bisnis yang dijual secara lokal masih tidak membutuhkan layanan digital marketing.

Apakah Digital Marketing penting bagi semua bisnis ? Atau hanya untuk bisnis tertentu saja ? Mungkin sering kali ini yang menjadi pertanyaan para pelaku bisnis saat ingin memulai memahami digital marketing.

Sebenarnya digital marketing sendiri sangat dibutuhkan oleh bisnis apapun itu, baik dengan sistem pemasaran online dan offline. Untuk itu disini kami akan menjelaskan mengapa Digital Marketing sangat penting bagi bisnis anda.

Membangun Brand Awareness

Brand awareness merupakan kondisi dimana calon pelanggan merasa familiar dengan produk atau jasa anda. Ini merupakan tahap pertama yang harus didapatkan calon pelanggan sebelum mereka memilih brand anda.

Dengan Digital Marketing anda dapat membangun Brand Awarness lebih luas dan lebih cepat dibandingkan dengan pemasaran biasa. Semakin sering brand di dengar, diucapkan dan dibaca maka awereness akan terus terbangun. Peningkatan Awareness dengan kepecercayaan pelanggan untuk menggunakan produk / jasa kita akan selalu sejalan.

Di dunia digital marketing ada banyak cara yang cepat dan murah untuk meningkatkan brand awareness. Contohnya saja melalui aktivitas kita di sosial media, membuat konten yang selaras dengan gaya hidup target pasar kita, ataupun iklan digital yang dilakukan secara terus menerus dengan biaya yang disesuaikan.

Walaupun untuk membuat sosial media ataupun konten yang efektif memang tidak mudah. Namun tim BrandMark nantinya akan mengajarkan anda bagaimana cara efektif membangun Brand Awareness melalui digital marketing.

Strategi Pemasaran Fleksibel

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat fleksibel dan sangat direkomendasikan untuk bisnis apapun. Strategi yang dilakukan dengan cara yang sangat dinamis, anda dapat menyesuaikan strategi dengan biaya ataupun hal-hal lain yang biasanya membatasi strategi pemasaran konveksional.

Hal ini mampu dilakukan karena pada digital marketing terdapat banyak sekali Channel Pemasaran yang dapat anda pilih. Berikut ini contoh apa saja yang terdapat pada Digital Marketing Channel :

  1. Sosial Media Marketing.
  2. Content Marketing.
  3. Search Engine Optimization (SEO).
  4. Search Engine Marketing. (SEM)
  5. Pay Per Click. (PPC)
  6. Display Advertising
  7. Email Marketing
  8. Data Mining
  9. Influencer Marketing
  10. Video Marketing.
  11. Dan lainnya.

Selain terdapat beragam channel, digital marketing juga memiliki banyak pilihan media atau platform yang dapat digunakan digunakan. Contohnya : anda dapat menggunakan sarana sosial media seperti facebook, instagram dan lingkedIn. Bisa juga menggunakan website dan ecommerce atau bahkan memanfaatkan layanan chatting sebagai sarana atau platform pemasaran anda. Tentunya setiap platform tersebut, memiliki ciri khas audiens tersendiri.

Sarana Penjualan & Campaign

Digital marketing mampu masuk atau berada kedalam kehidupan target pelanggan karena pola hidup yang serba digital. Maka dari itu selain sarana branding yang baik, dengan digital marketing anda juga dapat menjadi sarana penjualan. Sudah banyak contoh cerita tentang kesukses para pengusaha semenjak mereka mulai mencoba penjualan secara online.

Walaupun untuk mendapatkan penjualan yang maksimal melalui digital marketing anda harus terus belajar mendalam seluk beluk pemasaran digital bekerja. Contohnya saja dalam membuat sebuah konten marketing ataupun publikasi campaign, anda harus menguasai teknik Teknik Copywriting. Hal ini agar konten yang dibuat mampu mengkomunikasi dan benar-benar membuat pelanggan anda tertarik. Ini butuh pengalaman dan pembelajaran, dan tidak ada waktu lagi anda harus belajar mulai dari sekarang.

Untuk menciptakan campaign yang efektif mendongkrang penjualan memang butuh proses. Terlebih dahulu campaign tersebut harus mampu menjadi trending topic atau setidaknya terjadi engagement yang membuat campaign dibicarakan banyak orang. Selain itu yang tidak kalah penting adalah campaign yang diciptakan tepat menyasar target pasar penjualan produk atau jasa bisnis anda.

 

Bagaimana Digital Marketing Mampu meningkatkan Bisnis offline atau UMKM ?

Ada anggapan bisnis yang menarget sasaran dalam kota atau lokal dan tidak melakukan transaksi jual beli secara online, maka tidak perlu menjalankan strategi digital marketing. Dan ini adalah sebuah para dikma yang salah.

Dengan digital marketing, bisnis lokal ataupun UMKM mampu menarik perhatian target pasar melalui dunia maya (sosial media, web & iklan digital). Anda bisa membuat campaign ataupun tawaran-tawaran menarik agar pelanggan merasa ingin berkunjung ke gerai bisnis anda. selain itu contohnya saja sosial media, ini bisa menjadi sarana komunikasi yang efektif agar sebuah bisnis dapat berkomunikasi secara terus menerus dengan pelanggan. Pastinya dengan seperti itu, pelanggan merasa sangat dekat dengan bisnis anda.

Tags
Show More

Brandmark Education

Brandmark.id adalah mitra UMKM dan Usaha Lokal untuk meningkatan pertumbuhan bisnis melalui layanan agency dan pusat pendidikan digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close