Digital Marketing ChannelsSocial Media Marketing

Bagaimana Mengukur Metrik Keberhasilan Instagram

Dalam beberapa tahun ini, instagram semakin berinovasi. Semenjak diambil alih oleh facebook, instagram tidak sekedar menjadi sosial media berbagi foto saja. Iya telah menjadi bagian dari media pemasaran yang cukuf efektif.

Namun walaupun telah banyak fitur-fitur yang mendukung pemasaran, masih banyak para marketeer yang bingung dalam membuat laporan kinerja pemasarannya.

“Menentukan target diawal untuk metode pemasaran apapun menjadi kunci keberhasilan dalam sebuah campaign marketing. Anda harus melakukan riset terlebih dahuku untuk menemukan tolok ukur yang sesuai berdasarkan industri bisnis Anda.” By : Nanda Rusmana.

Seorang marketers pasti paham jika anda perlu menetapkan tolok ukur sebuah kebehasilan. Namun jika anda menggunakan instagram sebagai media pemasaran, maka metrik apa yang dapat menjaditolak ukurnya ?

Begitu juga di BrandMark Indonesia, Sebagai Digital Marketing Agency di Indonesia. Kami selalu menetapkan terlebih dahulu matrik apa yang digunakan untuk menentukan keberhasilan project manajemen instagram yang diberikan.

Dengan mengetahui matrik yang sesuai dengan bisnis anda sebagai tolak ukur keberhasilan. Maka anda dapat melakukan perubahan apa saja untuk menghasilkan kinerja pemasaran yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa matrik yang dapat menjadi tolak ukur seberapa, efektif campaign marketing di instagram anda :

  1. Jumlah Komentar & Like

    Berapa jumlah komentar yang didapatkan pada instagram anda, akan selalu berhubungan dengan seberapa menarin konten yang anda ciptakan. Jumlah like dapat memberitahukan tentang postingan mana yang paling cocok untuk audiens anda, tetapi dari komentar anda dapat melihat seberapa besar keinginan audiens untuk meluangkan waktu dan berinteraksi dengan brand anda.

    Walaupun itu komentar berisikan hal negatif, setidaknya anda telah sadar jika konten yang anda ciptakan telah membangkitkan sisi emosi dan gairah audiens.

    Disini anda bisa paham jika jumlah komentar yang rendah dapat mengindikasikan perlu adanya perubahan strategi konten. ATau busa saja selama ini anda tidak pernah mendengarkan para audiens.

    Sesekali coba mulai anda ikuti siapa saja yang mereka follow di instagram. Dari sini anda akan mulai paham akan kebutuhan apa konten apa yang kebanyakan audiens inginkan. Dan boleh juga mulai memanfaatkan jasa dari para influencer yang mereka ikuti untuk mempromosikan brand anda.

    Anda juga dapat mencoba mencampur jenis konten dengan menambahkan video, tayangan slide dan tata letak yang lebih kreatif.

  2. Hashtag

    Hashtag dapat menjadi salah satuh faktor pertumbuhan dan Engagement sosial media. Disini anda dapat mencoba abeberapa hashtag yang paling berpengaruh terhadapt engagement instagram anda.

    Dalam beberapa kali sesi waktu, cobalah untuk menguji beberapa hashtag berbeda pada 2 konten yang sejenis. Lakukan beberapa kali dan temukan hastag mana saja yang paling berpengaruh terhadap audiens anda. Pelajari hashtag apa yang paling menarik, dan gunakan itu untuk mendorong strategi konten di masa depan.

  3. Pertumbuhan Followers

    Bertambahnya follower bukanlah sebuah matrik yang mampu anda capai secara cepat. Butuh waktu untuk mencapai pertumbuhan yang baik, dan buth konsistensi menyalurkan konten yang efektif. Anda perlu mencata pertumbuhan pengikut setiap minggunya. Sebulan sekali lakukan evaluasi apakah terjadi lonjakan, stagnan atau justru penurunan followers.

    Coba lakukan perubahan seperti jenis konten, informasi di dalam konten, design hingga waktu posting untuk mendapatkan pertumbuhaan followes yang terbaik. Pertumbuhan follower yang baik juga berkaitan dengan konten, taggar hinga iklan, sehingga para audiens baru dapat menemukan anda.

  4. Engagements Per Total Follower

    Ini merupakan matrik paling bisa di andalkan dalam sebuah laporan kinerja para marketers. Bisa jadi ada suatu kasus di mana brand A mendapatkan 5000 like & komen tidak lebih hebat di bandingkan brand B yang hanya mendapatkan 3000 like dan komen.Ini adalah salah satu metrik paling memberi tahu di sekitar karena alih-alih memberi tahu Anda jumlah keterlibatan (yang dapat menyesatkan), itu memberi tahu Anda berapa kali, rata-rata, pengikut Anda berinteraksi dengan Anda.

    Contohnya saja Coca Cola, mereka mungkin memiliki followers lebih dari 2 juta namun hanya ada 2000 lebih Engagements (baik dalam bentuk komentar dan Like). Ini artinya hanya ada sekitar 0,02% followers yang terlibat interaksi pada setiap postingnya. Jadi membandingkan 250 Engagements brand anda yang memiliki 500 followers dengan 2000 Engagements brand Coca cola adalag hal yang tidak masuk akal.

    Semakin besar persentasi jumlah followers dengan tingkat Engagements, maka mengindikasikan bahwa anda telah melakukan strategi yang tepat dalam pemasaran melalui instagram. Keterlibatan audiens anda rendah? Nah, itu berarti saatnya untuk mundur dan menyusun ulang strategi.

    Mungkin mencoba gaya foto yang berbeda Atau mungkin Anda perlu  menciptakan konten lebih otentik dan tidak ada salahnya membuat konten yang bertujuan memperkenalkan orang-orang di balik perusahaan anda. Coba sesuatu yang baru, dan ukur kembali keterlibatan Anda per total followers setelah menerapkan perubahan untuk melihat bagaimana dampaknya.

    Matriks ini juga dapat digunakan untuk anda yang sedang berencana menggunakan jasa influencer, dalam mempromosikan brand atau produk anda. Anda harus paham, tidak semua influencer memiliki Engagements yang tinggi walaupun memiliki jumlah followers yang banyak. Jadi anda juga dapat membuat penawaran harga bedasarkan jumlah Engagements yang dimilikinya.

    Contoh bagaimana Engagements dapat bervariasi di antara influencer:

    Meskipun Selena Gomez memiliki followers sekitar 161Juta dan lebih banyak di bandingkan Kylie Jenner yang memiliki followers sekitar 151 juta. Namun tingkat engagements audiens instagram Selena Gomez hanya 2,69%, sementara Kyle Jenner lebih tinggi yaitu 4,57%. Dari sini anda sudah mulai dapat melihat seberapa besar dampak yang dihasilkan brand anda saat menggunakan salah satu dari artis tersebut.

  5. Instagram Insights

    Insights merupakan tools dari instagram yang dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan marketing anda. Didalamnya alkan Instagram Insights Aplikasi berbagi foto baru saja mulai menawarkan “Wawasan” yang anda perlukan dalam mendapatkan informasi tentang matriks indikator anda.

    Saat ini, Fitur Insights hanya tersedia jika pada akun khusus profil “bisnis” resmi, tetapi untuk merubah akun dari akun pribadi menjadi akun bisnis cukup mudah. Cukup dengan ketuk ikon pengaturan / Setting, lalu tekan menuh “Switch to Business Profile”. Nantinya anda akan diarahkah langkah demi langkah, merubah akun personal menjadi akun bisnis. Sebelum itu anda juga sudah harus memiliki Facebook Page pribadi atau bisnis untuk dihubungkan dalam proses perubahan.

    Saat akun telah berubah menjadi akun bisnis, maka anda akan menemukan fitur insights dari 3 tempat yaitu:

    ~ Halaman Profil – Tersedia pada menu di pojok kanan atas yang berbentuk ikon 3 garis. Lalu menu “Insights” akan muncul tepat dibawah menu Archive.
    ~ Post – Pada sudut kanan bawah post akan terlihat menu “See Insights).
    ~ Story – Pada bagian story, anda ketuk terlebih dahulu pada menuju Seen By (Menu untuk mengetahui orang yang melihat stori anda) pada pojok kiri bawah, Ketuk ikon yang berbentuk grafik batang.


    Fokus Instagram Insights
    Instagram Insights memeberikan informasi yang berkaitan dengan 3 hal yaitu : Behavior Followers, engagement postingan dan engagement story anda.

    Follower insights dapat menginformasikan tentang demografis audiens, baik itu berupa persentasi kelami, Rentang usia ataupun lokasi geografis para audiens yang terlibat dengan kiriman Anda. Bukan itu saja, dari fitur ini anda dapat mengetahui, audien anda berasal dari negara, provinsi, ataupun kota mana. Ini sangat  berguna bagi pebisnis lokal yang fokus cakupan pelanggannya khusus pada daerah tertentu.

    Follower insights dapat menyajikan data tentang berapakali setiap followers aktif di Instagram setiap hari, berapa banyak dari mereka yang share ataupun menyimpan konten anda dan juga berapa banyak dari mereka yang mengklik link tautan di profil Anda. Bukan itu saja, disini juga dapat memperoleh data tentang seberapa besar pertumbuhan followers baru yang didapat. Mengetahui konten mana saja yang memiliki engagement tertinggi.

Footer

Tags
Show More

Brandmark Education

Brandmark.id adalah mitra UMKM dan Usaha Lokal untuk meningkatan pertumbuhan bisnis melalui layanan agency dan pusat pendidikan digital marketing.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close