Mindset

9 Cara paling efektif membangun Brand Awareness

Apa yang anda ingat ketika kita kami mengucpkan kata “Air Mineral”, atau “Mie Instan” ? Hampir semua pasti akan teringat dengan merek Aqua ataupun Indomie. Hal ini terjadi karena brand tersebut telah sangat melekat dipikiran masyarakat. Ini lah sebenarnya mengapa harus dapat membangun brand Awareness atau kesadaran akan brand yang anda miliki.

Apa itu Brand Awareness ?

Brand Awareness yang dalam bahasa indonesia disebut sebagai kesadaran merek adalah istilah yang menggambarkan kemampuan konsumen dalam mengingat dan mengenali sebuah merek atau brand.

Sebuah brand dapat familiar didalam fikiran konsumen tidak muncul begitu saja. Ada banyak hal yang mempengaruhinya seperti nama, logo, tagline, kepuasan atau identitas lainnya yang membuat konsumen mengingat brand anda. Selain itu adanya ikatan emosional yang terjalin akibat dari komunikasi masif juga sangat berpengaruh dalam membangun brand awareness. Maka dari itu ini merupakan proses yang lama dan menjadi investasi jangka panjang bagi setiap brand.

 

Mengapa Brand Awareness penting ?

Brand Awareness adalah pintu gerbang dari keputusan dalam membeli ataupun menggunakan produk dari brand anda. Tidak mungkin seseorang membeli sebelum mengenal brand tersebut.

Dengan membangun brand awareness anda juga akan membentuk rasa kepercayaan konsumen terhadap sebuah brand. Dengan semakin seringnya dan familiarnya brand anda dibicarakan oleh para konsumen, maka ini akan membuat brand semakin dipercaya. Selain itu brand awareness juga bermanfaat untuk menjaring para konsumen baru dan yang paling penting juga dapat meningkatkan nilai jual dari brand anda.

Brand Awarrness bukan hanya berguna untuk perusahaan berskalah besar, bahkan seorang pedagang bakso juga perlu membangunnya. Pernah bayangkan ketika ada seseorang ingin makan bakso maka yang akan teringat adalah usaha bakso anda. Atau jika seseorang ingin pergi kebengkel mobil, maka bengkel mobil anda yang diingat. Ini juga alasan BrandMark Indonesia hadir untuk menjadi layanan digital marketing agency terbaik di indonesia, yang sangat peduli terhadap kesuksesan bisnis lokal dan UMKM.

3 Tingkatan Brand Awareness

Brand Awareness memiliki 3 tingkatan jika dilihat dari kedalaman seseorang mengenal sebuah merek atau brand. Semangkin tinggi tingkatan juga berbanding lurus dengan semangkin yakinnya konsumen untuk membelik produk atau jasa dari merek tersebut.

  1. Brand Recognition.
    Ini adalah tingkatan pertama dari kekuatan brand awarness yang juga sering disebut aided recall. Pada tingkatan ini konsumen telah mampu mengenali merek saat melihatnya kembali, namun belum tentu mengingatnya. Konsumen masih sebatas mengenali hal-hal visual seperti logo, slogan ataupun ciri khas warna yang dipakai.
  2. Brand Recall.
    Tingkatan kedua ini juga sering disebut dengan unaided recall. Disini konsumen telah mampu mengingat merek dan memahami produk atau jasa yang tersedia. Jika brand anda telah masuk di tahap ini, konsumen akan mempertimbangkan merek untuk digunakan dengan sebelumnya di bandingkan dengan merek lain.
  3. Top-of-Mind Awareness.
    Jika brand telah masuk pada tingkatan ini maka bisa dimpulkan anda akan sangat leluasa menguasai pasar. Disini merek akan menjadi yang pertama kali terpikirkan jika membahas seuatu katagori industri tertentu. Contoh seperti “AQUA”, “Indomie” atau “BrandMark” saat bercerita tentang layanan digital marketing agency.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Lalu bagaimana cara agar mampu membangun brand awareness yang baik ? Ada setidaknya 9 cara efektif versi tim brandmark untuk membuat target pasar sangat mengenal brand anda, mari kita simak :

  1. Sosial Media & Website
    Adanya sosial media dan website memang sudah tidak terbantahkan sebagai sarana efektif meningkatkan Brand Awareness. Nyatanya lebih banyak konsumen yang bertanya melalui sosial media dari pada nomor telepon layanan konsumen. Khusus web anda juga dapat menambahkan FAQ untuk memberikan jawaban atas pertanyaan umum para konsumen.

    Sosial media menjadi sarana komunikasi dua arah yang efektif dari konsumen ke perusahaan ataupun sebaliknya. Interaksi yang terjadi antara konsumen dan perusahaan bisa lebih interaktif, seperti melalui konten, komentar, like, share, story dan lainnya.

    Selain itu sosial media juga dapat membangun citra baik dari sebuah merek atau brand. Dengan seperti konsumen akan semakin percaya dan semakin besar peluang memilih brand untuk digunakan.

  2. Content Marketing
    Konten marketing bukan bertujuan untuk menjual produk dan jasa anda ? Jika anda melakukannya justru tidak akan bermanfaat ke penjualan. Bukan sepenuhnya salah membuat konten tersebut, namun jika orientasinya kesana adalah yang salah.

    Konten marketing bertujuan untuk memberikan informasi bermanfaat bagi konsumen anda. Dengan begitu maka konsumen akan lebih terlibat dalam tiap postingan kita atau sering disebut engagement. Konten-konten yang bermanfaat dan sangat interaktif akan membuat konsumen lebih ingat dengan brand tersebut. Sehingga muncul rasa percaya, selain itu brand akanmendapatkan citra sebagai perusahaan yang expert dibidangnya.

    Satu hal penting dalam membuat konten marketing adalah informasi didalamnya menggambarkan dunia dari produk brand Anda, dan berguna bagi konsumen. Contohnya jika produk anda adalah pasta gigi, maka konten-konten dapat berupa hal-hal mengenai kesehatan mulut dan gigi. Dengan konten seperti itu, maka konsumen akan menuju website ataupun sosial media anda untuk mencari hal-hal yang berkaitan dengan dunia produk dan jasa anda.

    Dengan konten marketing yang tepat, akan menghasilkan trafik dari  orang yang sesuai target pasar anda.  Konten marketing dapat berupa artikel, video, flyer maupun infografik yang bisa di publis dalam sosial media dan website anda. Untuk mendapatkan traffik atau konsumen terus balik menikmati konten, maka anda harus menyediakan konten secara rutin dan konsisten. Anda juga dapat mengandalkan BrandMark Indonesia untuk membuat konten marketing, agar lebih hemat waktu dan biaya.

  3. Video Marketing
    Video marketing merupakan salah satu bentuk dari konten marketing. Namun disini kami pisahkan karena banyak hal yang dibahas pada video marketing.

    Ada sebuah fakta yang mengejutkan tentang jumlah orang-orang yang menonton video setiap hari. Sebuah data menyebutkan bahwa video yang ada di facebook setidaknya di tonton sebanyak 8 miliar kali sehari, sementara youtube  15 miliar kali sehari, dan instagram di tonton 10 miliar kali perhari. Dari sini bisa kita simpulkan jika konten video sangat prospektif untuk meningkatkan brand awareness.

    Ada 3 jenis video yangs sering Tim BrandMark Indonesia gunakan untuk membangun Brand Awareness para klien. Yang utama adalah video inspirasional, video ini berisikan informasi penting atau menginpirasi yang masih berkaitan dangan produk dan layanan dari brand kita. Biasa video seperti ini harus mampu memainkan sisi  emosional kosumen dan tingkat viralitas yang tinggi.

    Contohnya saja anda pasti pernah melihat video-video inspirasi thailand yang menggugah emosi. salah satu yang memiliki penonton terbanyak adalah video seseorang anak ketahuan mencuri obat untuk ibunya yang sakit. Lalu datang seorang pedagang bakso, yang akhirnya membelikan obat kepada anak tersebut. berapa puluh tahun kemudian pedagang itu sakit, dan membutuhkan uang yang banyak untuk pengobatannya. Tiba-tiba ada seseorang yang melunasinya dan dia adalah dokter yang mengobatinya. Dokter tersebut ternyata adalah anak yang pernah ditolongnya. Video ini ternyata sebuag konten marketing dari perusahaan asuransi yang akhirnya selalu di ingat oleh banyak penonton.

    lalu ada juga jenis video marketing yang kami sebut dengan pre-roll video. Video iklan ini biasanya muncul di youtube yang muncul di awal atau pertengah video yang di tonton. Untuk video jenis ini anda harus mampu menarik perhatian penonton di 3-5 detik pertama. Karena jika tidak pasti akan di “Skip” oleh penonton.  Dan terakhir adalah explainer video, yang memuat tentang hal-hal penting pada produk dan jasa anda.

  4. Influencer Marketing
    Setiap orang lebih percaya menggunakan sebuah produk atau jasa dari brand yang di pakai oleh orang-orang dekatnya atau orang yang di gemarinya. Influencer ataupun selebgrab biasa memiliki banyak follower yang senantisa mengikutinya.

  5. Event Marketing
    Mengadakan event juga masih terbukti efektif untuk meningkatkan brand awareness. Event dapat memberikan kesempatan konsumen mengenal lebih dekat dengan brand kita. Komunikasi yang terjalin bukan hanya anatra brand dengan konsumen atau sebaliknya, tapi antara konsumen dengan konsumen. Mereka akan saling berinteraksi memberikan sudut pandang masing-masing tentang produk atau jasa bisnis anda.

    Hal terpenting agar sebuah event disebut sukses bukan tentang banyaknya pengunjung. Kesuksesan event dilihat dari seberapa tepat peserta yang hadir dengan target pasar anda, lalu seberapa berubah cara pandang peserta melihat brand anda setelah event dilaksanakan.
    Mengadakan event juga merupakan salah satu cara untuk membangun brand awareness.

  6. Sponsorship & Partnership
    Sponsorship & Partnership merupakan cara klasik yang masih bertahan untuk menumbuhkan brand Awareness. Namun perlu diperhatikan jangan sampai biaya sponsorship anda habis tanpa menghasilkan dampak yang jelas.

    Jika anda mensponsori sebuah event pastikan bahwa anda bukan hanya memberikan uang “hanya” untuk menempelkan logo di spanduk mereka. Pastikan mereka atau anda menawarkan sebuah nilai lebih yang mampu membuat peserta dapat tertarik akan brand anda.  Dan juga pastikan peserta adalah target konsumen bisnis anda.

  7. Merchandise
    Anda dapat memberikan merchandise dalam bentuk apapun itu, yang penting ada identitas brand yang menonjol didalamnya. Merchandise adalah bentuk terimakasi dan penghargaan kepada konsumen ataupun atensi terhdap orang-orang yang telah peduli dengan brand anda.

    Pastikan merchandise adalah benda- benda unik yang dapat digunakan konsumen berkali-kali dan tahan lama. Dengan seperti itu, konsumen akan membantu kita mengenalkan brand ke pasar yang lebih luas.

  8. Freemium
    Freemium  adalah istilah yang sering dipakai untuk layanan yang dapat digunakan secara gratis namun dapat di upgrade secara berbayar jika memerlukan tambahan layanan.

    Model layanan seperti biasanya sering di gunakan oleh perusahaan  teknologi, seperti software seperti google drive, Spotify, netflix dll. Dengan sistem freemium maka konsumen dapat merasakan layanan secara gratis. Jika ingin mendapatkan nilai lebih maka baru menggunakan layanan berbayar.

    Sistem freemium juga bisa di adopsi untuk model bisnis non teknologi, dengan cara memberikan layanan gratis atau produk tester. Jika anda adalah perusahaan jasa anda dapat memberikan layanan gratis di bulan pertama. 

    Tidak perlu khawatir dengan layanan gratis, sebab dengan seperti itu konsumen akan memahami produk anda. Ini adalah sarana membangun brand awareness yang sangat baik, karena konsumen akan mengetahui hingga kedetail terkecil dari brand anda. Jika mereka memang memerlukan layanan atau produk anda, pastinya akan membeli kembali.

  9. Kontes
    Anda dapat membuat sebuah kontes online maupun offline yang dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi konsumen dengan brand. Pastikan kontes yang diadakan dapat terjadi sebuah viralitas dalam prosesnya. Viralitas menghasilkan brand anda dikenal bukan saja pada peserta kontes, tapi cakupan yang lebih luas. Hal yang membuat viralitas konten bisa saja dalam bentuk hadiah yang menarik, sistem voting, mngajak share atau jika konten online ajak peserta untuk tag teman-teman mereka.

Indikator Brand Awareness

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika brand awareness ini berkaitan dengan tingkat kesadaran konsumen terhadap brand. Untuk itu dalam menentukan apakah optimasi yang anda lakukan telah berhasil atau tidak adalah tentang seberapa banyak orang-orang yang tau tentang brand anda. Untuk itu dalam mengukur keberhasilan tersebut, maka anda harus melakukan survei acak ke basis pasar produk anda.

Dalam proses survei anda juga dapat mengukur untuk mengetahui sudah sampai pada tingkatan brand awareness brand anda dan mengkomparasi dengan brand sejenis lainnya.

Tags
Show More

Brandmark Education

Brandmark.id adalah mitra UMKM dan Usaha Lokal untuk meningkatan pertumbuhan bisnis melalui layanan agency dan pusat pendidikan digital marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close