Digital Marketing ChannelsSocial Media Marketing

10 Tools Instagram Analytics Gratis Terbaik tahun 2019

Kini, tools marketing sangat memainkan peran dalam proses pengambil keputusan pada strategi digital marketing. Namun tools tersebut bukanlah kunci utama dari kesuksesan strategi marketing anda. Contohnya saja dalam dunia sosial media marketing, tools yang kita gunakan berfungsi untuk menghasilkan matrik-matrik tertentu. Dan matrik yang didapat inilah kuncinya.

“Bukan tentang apa platform & tool marketing anda, kunci terbesar kesuksesan sosial media marketing adalah bagaimana anda menelusuri dan menganalisa matrik yang ada.” – Nanda Rusmana.

10 Tools Instagram Analytics Gratis

Ada banyak tools instagram yang tersedia di dunia maya dengan berbagai fiturnya. Dan kami tidak dapat memberikan gelar “terbaik” pada salah satunya. Karena tergantung matriks yang anda butuhkan dari tools tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alat analitik Instagram gratis yang tersedia :

  1. Instagram Insights

    Ini adalah tools bawaan yang dapat di temui pada akun bisnis Instagram Anda. Melalui fitur Insights ini, anda bisa melihat wawasan seputar akun instagram anda. Ada beberapa wawasan atau metrik yang bisa anda dapatkan seperti total impression, interacions, reach, hingga beahvior audiens anda.

    Dari matriks-matriks yang ada tersebut anda dapat mengetahui seberapa besar dampak dari postingan dan story yang anda buat. Reaksi dari audiens juga akan terlacak, seperti like. comment, share dan klik link yang bisa jadi menjadi tujuan conversi anda. Fitur ini juga dapat mengetahui umur, lokasi dan gender dari audiens anda.

  2. CrowdFire

    Dahulu mungkin anda mengenalnya dengan nama JustUnfolow, dan kini mereka hadir rebranding dengan nama CrowdFire. Aplikasi ini memulai debutnya dengan menyajikan fitur layanan auto generate folowers. Fiturnya membantu Anda menemukan followers baru potensial dengan mencari akun instagram yang relevan dengan konten, tagar dan followers Anda saat ini. Anda juga dapat mengidentifikasi following yang tidak aktif dan berhenti mengikuti.

    Semenjak berganti nama menjadi Crowdfire, tools ini menjadi semakin luar biasa dengan hadirnya fitur-fitur baru. Diantaranya adalah “Content Curation” yang dapat merekomendasikan konten untuk diposting pada sosmed anda, sesuai dengan topik yang relevan. Ada juga fitur Schedule untuk dapat memposting konten otomatis secara terjadwal. Fitur schedule ini juga dapat merekomendasikan waktu posting yang terbaik untuk konten anda. Masih banyak fitur lainnya yang dapat anda gunukan nantinya seperti analytics, mantion tracking dll.

  3. Phlanx

    Phlanx merupakan sebuah tools online analytic yang berfokus pada pengukuran engagement sosial media. Disini bukan hanya dapat mengetahui seberapa kuat sosial media anda, tetap juga dapat membandingkan secara langsung 2 hingga lebih akun instagram lainnya.

    Ada beberapa fitur yang sangat bermanfaat bagi anda dilayanan Phlanx seperti : Engagement Calculator yang dapat menegtahui persentasi engagement anda secara keculuhan. Fitur Instagram Comparator untuk membandingkan kualitas akun anda dengan instagram lainnya. Fitur Influencer Auditor yang dapat membantu untuk mengukur efektifitas dari seorang influencer. Banyak fitur yang tersedia di phlanx, silahkan untuk anda telusuri lebih dalam lagi.

  4. Sprout Social

    SproutSocial merupakan Tools manajemen sosial media yang cukup populer didunia. Tools ini dapat digunakan oleh Social Media Specialist dalam mempermudah menjalankan pekerjaanya.

    Dengan menggunakan layanan ini maka semua pesan masuk di sosial media anda akan berada dalam satu kotak pesan yang sama. Namun setiap pesan dapat dibedakan antara satu sama lain.

    Fitur schedule juga dimiliki sprout social untuk memudahkan publikasi konten. Selain itu layani juga mampu menganalisa iklan di sosial media anda.

  5. Hootsuite

    Hootsuite dan Sproutsocial bagaikan dua tools kembar yang muncul dari perusahaan pengembang berbeda. Hal ini karena fitur-fitur yang dimiliki tidak terlalu beda untuk funsinya sebagai tools instagram analytics. Namun hootsuite memiliki fitur istimewa yang dapat membantu iklan instagram anda berjalan lebih baik. Hootsuite juga sangat cocok digunakan bagi Digital Marketing Agency Indonesia , karena dapat menghandle banyak client.

  6. Fixlee

    Pixlee memiliki kemampuan standar dari apa yang anda inginkan sebagai instagram analytics. Namun bagi anda yang sangat ingin menjaga nama baik brand atau usahanya, maka kami sangat merekomendasikan fixlee.

    Layanan ini mampu memberikan rekomendasi konten untuk anda repost dan menghasilkan dampak yang besar. Terdapat fitur untuk mendapatkan izin menggunakan foto dan video pelanggan, dan membangun loyalitas merek pada saat yang sama dengan cara otomatis. Ini dapat melindungi brand anda dari segala tuntutan dengan memastikan bahwa tidak ada konten yang tidak disetujui saat diterbitkan.

  7. Squarelovin

    Squarelovin adalah mampu memberi anda waktu yang paling tepat sebelum mempostingkan konten anda sesuai dengan target audiens.
    Mereka mampu mengumpulkan foto-foto produk anda yang telah berada di tangan penlanggan. Kemudian membuat pesan persetujuan untuk diposting ulang pada akun instagram anda.

  8. Socialbakers

    Socialbakers dapat membantu dalam proses pengambil keputusansecara real time, membandingkan dan menganalisis semua informasi di instagram. Anda dapat juga menemukan influencer terbaik bedasarkan tag maupun minat yang sama dengan produk yang akan dipasarkan. Layanan ini juga dapat menganalisis distribusi postingan anda dengan sangat detail dan 

  9. Union Metrics

    Layanan union metrics memang tidak lebih terkenal dari tools instagram analytics sebelumnya. Namun mereka memiliki fitur-fitur sangat berguna dan mudah digunakan. Hal yang paling kami sukai pada layanan ini adalah tersedianya fitur yang dapat memberitahu anda kelompok basis audiens terbesar anda dan selalu mengingatkan anda agar selalu meningkatkan keterlibatan pada mereka.

  10. Iconosquare

    Iconosquare merupakan hasil evolusi dari layanan yang dahulunya bernama Statigram. Tools ini tergolong yang tertua dalam memberikan layanan analytics. Namun sama dengan halnya pepatah bilang “Tua-tua keladi”, maka tools ini semakin menjadi lebih baik setiap harinya.

    Tools ini mampu menampilkan konten yang paling disukai dari waktu ke waktu dan menghitung rata-rata suka dan komentar dari akun anda. Bahkan dapat menambahkan media sosial lainnya untuk membantu meningkatkan keterlibatan kunjungan pada sosial media lainnya milik anda.
    Namun yang menjadi andalannya adalah fitur publikasikan konten otomatis dengan menganalisa waktu terbaik untuk posting, geolokasi, tag, gaya hidup audiens dan banyak lagi. Hal ini digunakan untuk memastikan bahwa konten anda dapat tertuju ke orang dan pada waktu yang tepat.

x

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close